Padhillah, Taufiq (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 37 Salimpaung Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_TAUFIQ_PADHILLAH_52658_871_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_TAUFIQ_PADHILLAH_52658_871_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_TAUFIQ_PADHILLAH_52658_871_2012.pdf
Download (453kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan, yaitu langkanya penggunaan model dalam pembelajaran dan belum terlibatnya siswa dalam pembelajaran dan pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga kurangnya minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, yang merupakan suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri atas beberapa anggota dalam suatu kelompok, yang bertanggung jawab atas penguasaan materi ajar, serta mampu untuk mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain sehingga dalam pembelajaran siswa berperan aktif dan guru berperan sebagai fasilitator. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan bentuk penilaian belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri 37 Salimpaung. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan, observasi, dan evaluasi (tes).
Hasil penelitian yang telah dilakukan ditinjau dari segi perencanaan sudah terlaksana dengan baik karena setiap tahapan pembelajaran terlaksana sesuai dengan rencana pembelajaran dan berhasil meningkatkan hasil pembelajaran. Dari aspek pelaksanaan melalui penilaian proses menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran berupa aktif mencari informasi dari berbagai sumber, berani mengeluarkan pendapat dan adanya kerjasama. Berdasarkan analisis hasil belajar yang berupa hasil tes, penilaian afektif dan penilaian psikomotor dari setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditegaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS dari siklus I ke siklus II terbukti efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, IPS, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Model Kooperatif, Tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:56 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16228 |