Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah Dua Angka dengan Dua Angka dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 09 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Hildayati, Yulia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah Dua Angka dengan Dua Angka dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 09 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULIA_HILDAYATI_93798_2904_2012.pdf] Text
final_B1_6_YULIA_HILDAYATI_93798_2904_2012.pdf

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran didominasi oleh guru, kurangnya pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman kepada siswa untuk dapat membangun pengetahuannya, sehingga pembelajaran bersifat pasif. Hal ini menyebabkan masih rendahnya hasil belajar perkalian bilangan cacah dua angka dengan dua angka siswa. Untuk itu, meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan cacah dua angka dengan dua angka, peneliti menggunakan pendekatan konstruktivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah dua angka dengan dua angka dengan pendekatan konstruktivisme di kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 09 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas di bidang pendidikan dengan materi perkalian bilangan cacah dua angka dengan dua angka. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 09 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, yang siswanya berjumlah 23 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian sebelum tindakan, nilai rata-rata siswa adalah 63. Setelah tindakan siklus I nilai rata-rata siswa adalah 71. Kemudian, setelah tindakan siklus II nilai rata-rata siswa adalah 83. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah dua angka dengan dua angka dengan pendekatan konstruktivisme di kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 09 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivisme, Perkalian Bilangan Cacah, Hasil Belajar, Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:55
Last Modified: 22 Jul 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16226

Actions (login required)

View Item
View Item