Hidayat, Taufik (2015) Peningkatan Hasil Belajar siswa dalam Pembelajaran IPS engan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SDN 01 Baringin Anam Kecamatan Baso. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_TAUFIK_HIDAYAT_1108272_1541_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_TAUFIK_HIDAYAT_1108272_1541_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_TAUFIK_HIDAYAT_1108272_1541_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran sering di dominasi oleh guru sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Model NHT ini merupakan suatu proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara maksimal. Dimana semua siswa dalam setiap kelompok berperan aktif selama kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 01 Baringin Anam Kecamatan Baso, pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan lembar pengamatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) tindakan, dan 4) refleksi. Penelitin ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh dari pengamatan 2 siklus setiap tindakan yang diamati oleh observer. Subjek penelitin adalah guru dan siswa kelas IV SD sebanyak 20 orang.
Hasil penelitian RPP pada siklus I memperoleh 79% dengan klasifikasi cukup dan pada siklus II memperoleh 93% dengan klasifikasi sangat baik. Penilaian aktivitas guru pada siklus I memperoleh 75% dengan klasifikasi cukup dan pada siklus II memperoleh 91% dengan klasifikasi sangat baik. Penilaian aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 72% dengan klasifikasi cukup dan pada siklus II memperoleh 88% dengan klasifikasi baik. Hasil belajar aspek kognitif siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata 69 dengan kalsifikasi cukup dan pertemuan II diperoleh rata-rata 80 dengan klasifikasi baik. Hasil belajar aspek psikomotor siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata 67 dengan klasifikasi cukup dan pertemuan II diperoleh rata-rata 78 dengan klasifikasi cukup. Hasil belajar afektif siklus I pertemuan II diperoleh rata-rata 67 dengan klasifikasi cukup dan pertemuan II diperoleh rata-rata 78 dengan klasifikasi cukup. Pada siklus II aspek kognitif diperoleh rata-rata 90 dengan klasifikasi sangat baik dan pada aspek afektif diperoleh rata-rata 91 dengan klasifikasi sangat baik. Pada penilaian aspek psikomotor diperoleh rata-rata 88 dengan klasifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar siswa, IPS, Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Heads Together (NHT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:55 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16223 |