Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas IV SDN 21 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Yenti, Yulia Pebri (2013) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas IV SDN 21 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULIA_FEBRI_YENTI_93524_2013.pdf] Text
final_B1_6_YULIA_FEBRI_YENTI_93524_2013.pdf

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran yang dilakukan masih konvensional. Hal ini terlihat dari belum diadakannya suatu pembaruan dalam proses pembelajaran sehingga siswa cendrung merasa bosan karena ia hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 21 Nan Sabaris Kabupaten padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan dua siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran PKn tentang lembaga pemerintahan kabupaten dan provinsi di kelas IV SDN 21 Nan Sabaris, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti. Hasil penilaian RPP pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase ketuntasan 71%, siklus I pertemuan II 82%, siklus II pertemuan I 93%. Hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru secara berurut dari siklus I pertemuan I dan II, siklus II yaitu 72%, 81%, 91%. Hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa secara berurut dari siklus I pertemuan I dan II, siklus II yaitu 59%, 75%, 88%. Hasil belajar setelah siklus I pertemuan pertama menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 68,6, aspek afektif 59,27. Siklus I pada pertemuan kedua ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 80, aspek afektif 74. Penelitian dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswa adalah aspek kognitif 85,58, aspek afektif 80,47. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Tipe TGT, Pendidikan Kewarganegaraan, Hasil Belajar, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:55
Last Modified: 22 Jul 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16221

Actions (login required)

View Item
View Item