Tiara Putri, Desi (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_DESI_TIARA_PUTRI_16016070_1694_2020.pdf [thumbnail of B1_01_DESI_TIARA_PUTRI_16016070_1694_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_DESI_TIARA_PUTRI_16016070_1694_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, menjelaskan keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Kedua, menjelaskan
keterampilan menulis teks berita siswa VIII SMP Negeri 8 Padang. Ketiga,
menjelaskan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan
menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi penelitian ini
siswa kelas VIII SMP Negeri 8 yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020
dengan jumlah 256 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian
ini berjumlah 40 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple
random sampling sebesar 15% menggunakan metode undian. Penelitian ini terdiri
dari dua variabel, yaitu variabel bebas (X) adalah keterampilan membaca
pemahaman dan variabel terikat (Y) adalah keterampilan menulis teks berita. Data
dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan
skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Instrumen penelitian ini adalah tes
objektif dan tes unjuk kerja. Teknik pengunpulan data yang digunakan yaitu
memberikan tes tentang keterampilan membaca pemahaman dan memberikan tes
menulis teks berita. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji normalitas. Teknik dalam menganalisis data penelitian ini yaitu
penskoran, penilaian, menentukan nilai rata-rata hitung (M), pengklasifikasian,
pengkorelasian, pengujian keberartian hipotesis, dan membahas analisis, serta
menyimpulkan hasil pembahasan.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman
siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini
disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 81,13. Kedua, keterampilan
menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang berada pada kualifikasi
baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks berita sebesar
81,25. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca
pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP
Negeri 8 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Hipotesis
nol ditolak dan hipotesis kerja diterima karena hasil pengujian membuktikan
bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel 3,81>1,68.
Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa terdapat korelasi
keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita
siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Dengan demikian, dapat diketahui dalam
keterampilan menulis dibutuhkan keterampilan membaca pemahaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 03:33 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 03:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1622 |