Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 08 Padang Besi Padang

Putri, Yulia Eka (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 08 Padang Besi Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULIA_EKA_PUTRI_1307209_755_2016.pdf] Text
final_B1_6_YULIA_EKA_PUTRI_1307209_755_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran IPS belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, guru belum menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang terdiri atas 2 siklus dan 3 kali pertemuan, meliputi 4 tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek penelitian adalah guru dan siswa. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk penilaian RPP, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan lembaran soal tes. Hasil penelitian (1) Penilaian RPP siklus I nilai 75% kualifikasi cukup siklus II 93,75% kualifikasi sangat baik, (2) Penilaian aspek guru: siklus I nilai 66% kualifikasi cukup siklus II 90,63% kualifikasi sangat baik. Aspek siswa: siklus I nilai 71,88% kualifikasi cukup siklus II 93,75% kualifikasi sangat baik, (3) Hasil belajar siswa siklus I rata-rata 59 kualifikasi kurang Siklus II 91,45 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran IPS menggunakan Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Numbered Head Together, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:54
Last Modified: 22 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16217

Actions (login required)

View Item
View Item