Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 09 Kayu Aro Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Agustina, Yulia (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 09 Kayu Aro Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULIA_AGUSTINA_09697_3447_2016.pdf] Text
final_B1_6_YULIA_AGUSTINA_09697_3447_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPS yaitu guru lebih dominan menggunakan metode ceramah, guru kurang membimbing siswa menemukan sendiri jawabannya, guru kurang memberikan penghargaan kepada siswa maupun didalam kelompok. Sehingga ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 09 Kayu Aro Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 4 prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, hasil pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N 09 Kayu Aro yang terdaftar pada semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan dengan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan: a) RPP pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai 75,00% (cukup), pertemuan II memperoleh nilai 85,71% (Baik). Rata siklus I 80,35% (Baik) pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik), b) pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru siklus I Pertemuan I memperoleh nilai dari 75% (Cukup), pertemuan II memperoleh nilai 85,71% (Baik), rata-rata siklus I memperoleh nilai 80,35% (Baik) pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik), pada aspek siswa siklus I Pertemuan I memperoleh nilai 71,42% (cukup), pertemuan II 82,14% (Baik), rata-rata siklus I 76,78% (Baik) pada siklus II menjadi 92,85% (sangat baik), c) hasil belajar pada siklus I 72,16 (cukup) pada siklus II menjadi 87,78 (sangat baik). Dengan demikian, model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 09 Kayu Aro Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:54
Last Modified: 22 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16216

Actions (login required)

View Item
View Item