Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu pada Tema 8 Tempat Tinggalku dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang

Hidayat, Taufik (2015) Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu pada Tema 8 Tempat Tinggalku dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TAUFIK_HIDAYAT_1100662_5702_2015.pdf] Text
final_B1_6_TAUFIK_HIDAYAT_1100662_5702_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi, yaitu pembelajaran belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan dimana guru belum memberikan permasalahn yang nyata pada siswa sehingga mempengaruhi hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Pembelajaran pada Tematik terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data dan sumber data diperoleh melalui pengamatan dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. dengan jumlah siswa 28 orang dan peneliti.penelitian ini di laksanakan sebanyak II siklus.
Hasil penelitian dari menunjukan peningkatan . a) perencanaan pembelajaran meningkat dari siklus I 64.4% menjadi siklus II 92.2%. b) proses pembelajaran aktivitas siswa juga meningkat dari siklus I adalah 60% meningkat pada siklus II menjadi 95%. c) hasil belajar siswa aspek Afektif siklus I yaitu 2.34 meningkat pada siklus II yaitu 3.28. kognitif meningkat dari siklus I adalah 2.96 dan Siklus II 3.69. sedangkan aspek Psikomotor dari siklus I adalah 2.62 meningkat di Siklus II yaitu 3.40. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar tematik terpadu siswa dengan menggunakan model PBL.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Problem Based Learning (PBL), Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:54
Last Modified: 22 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16213

Actions (login required)

View Item
View Item