Yulia, Yulia (2012) Perbandingan Kompetensi Fisika Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan LKS Berbasis Multimedia Interaktif dengan LKS Cetak Kelas VIII di SMP-RSBI 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_Yulia_01912.pdf [thumbnail of final_B1_6_Yulia_01912.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_Yulia_01912.pdf
Download (441kB)
Abstract
Dalam pembelajaran Fisika di SMP-RSBI masih banyak siswa yang belum mencapai angka ketuntasan minimum. Hal ini diprediksi disebabkan oleh kurangnya bahan ajar yang membangkitkan minat dan motivasi siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan ini adalah menggunakan LKS berbasis multimedia interaktif. LKS berbasis multimedia interaktif dapat membuat pembelajaran Fisika menjadi lebih menarik, sehingga diperkirakan dapat meningkatkan pencapaian kompetensi Fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kompetensi Fisika siswa antara model pembelajaran kooperatif menggunakan LKS berbasis multimedia interaktif dengan LKS cetak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan desain perbandingan kelompok statistik (The Statistic-Group Comparison Design). Populasi dalam penelitian adalah semua siswa pada kelas VIII di SMP-RSBI Negeri 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Melalui teknik Cluster Sampling didapatkan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data penelitian berupa lembaran tes untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis hasil belajar yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah afektif melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif. Berdasarkan hasil data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil. Pertama, terdapat perbedaan kompetensi Fisika siswa yang berarti antara model pembelajaran kooperatif menggunakan LKS berbasis multimedia interaktif dengan LKS cetak. Kedua, rata-rata kompetensi ranah kognitif dan afektif siswa dalam model pembelajaran kooperatif menggunakan LKS berbasis multimedia interaktif telah mencapai KKM. Persentase siswa yang telah mencapai KKM pada kompetensi ranah kognitif adalah 92%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Fisika, LKS, Multimedia Interaktif, Kompetensi Fisika Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:53 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16209 |