Andini, Yulia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas IV SD Negeri 10 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YULIA ANDINI_04314_414_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_YULIA ANDINI_04314_414_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YULIA ANDINI_04314_414_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Proses pembelajaran PKn di kelas IV menunjukkan masih kurangnya keterlibatan siswa secara aktif, siswa jarang bertanya tentang materi pelajaran. Disamping itu, siswa cepat merasa bosan dan tidak konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran karena guru kurang menggunakan model yang dapat membangkitkan keaktifan siswa. Hal ini membuat hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Untuk itu peneliti menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif,yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Surau Gadang dan guru kelas IV. Model pembelajaran yang digunakan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan terdiri dari siklus I dan siklus II. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menujukan bahwa: a) perencanaan siklus 1 pertemuan 1 dengan persentase 78% dan pertemuan 2 85%,siklus II 92 % dan b) pelaksanaan siklus 1 aspek guru pertemuan 1 75 % dan pertemuan 2 85 % dan siklus II 93% ,pelaksanaan siklus 1 aspek siswa pertemuan 1 72 % dan pertemuan 2 81 % dan siklus II 90 %,c)hasil belajar siswa yang diperoleh dari ketiga aspek kognitif,afektif, psikomotor pada siklus I yaitu 70,3. Sedangkan pada siklus II, rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 81,6.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunaan Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas IV SD Negeri 10 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PKn, Model Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:47 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16203 |