Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas III SDN 15 Pudung Kec.Ampek Nagari Kab. Agam.

Zarti, Yuli (2012) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas III SDN 15 Pudung Kec.Ampek Nagari Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULI_ZARTI_95313_2632_2013.pdf] Text
final_B1_6_YULI_ZARTI_95313_2632_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar di SDN 15 Pudung Kab. Agam menunjukan bahwa pembelajaran perkalian bilangan cacah di kelas III guru belum menghubungkan dengan kehidupan nyata sehari-hari siswa, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan berdampak pada hasil yang diperoleh rendah. Untuk itu diperlukan pendekatan belajar matematika yang memberikan kesempatan pada siswa untuk menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan nyata sehari-hari, hal ini sesuai dengan karakteristik pendekatan PMRI yang menciptakan pembelajaran dengan menghubungkan pengalaman sehari-hari siswa. Oleh karen itu, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah dengan penddekatan PMRI. Langkah-langkah pendekatan PMRI adalah : (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan model simbolik, (3) tahap penjelasan dan alasan, dan (4) tahap penutup. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari lembar penilaian RPP, lembar observasi aktifitas guru dan siswa, dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SDN 15 Pudung, tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan,pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan/observasi,dan refleksi. Hasil belajar tergambar dari masing-masing siklus, siklus I rata-rata tes akhir 67,74, sedang pada siklus II 93,55. Dengan demikian pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran perkalian bilangan cacah dengan pendekatan PMRI berhasil dengan baik, hal ini ditunjukan dari hasil tes akhir siklus I dari 23 orang siswa 19 orang siswa tuntas belajar, dan pada siklus II sebanyak 21 orang siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bilangan Cacah, Pendekatan PMRI, Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:47
Last Modified: 22 Jul 2025 06:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16196

Actions (login required)

View Item
View Item