Pelaksanaan E-rapor di SMA Negeri 1 Pariaman

Fauziah, Dian (2018) Pelaksanaan E-rapor di SMA Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_DIAN_FAUZIAH_14058003_2918_2018.pdf] Text
B1_04_DIAN_FAUZIAH_14058003_2918_2018.pdf

Download (9MB)

Abstract

E-rapor aplikasi penilaian berbasis web yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). SMA N 1 Pariaman telah melaksanakan penilaian berbasis E-rapor, dengan cara penginput data ke E-rapor dilakukan oleh guru dan wali kelas yang diverifikasi oleh admin dan wakil kurikulum. Namun, pada pelaksanaannya guru mengalami kesulitan, yang dipengaruhi oleh minimnya sosialisasi penggunaan E-rapor dan faktor usia rata-rata di atas 40 tahun, sehingga guru kurang menguasai cara kerja penginputan nilai ke E-rapor. Sedangkan pengerjaan E-rapor dituntut harus mengusai penggunaan komputer yang baik, sementara sebagian besar guru di SMAN 1 Pariaman banyak yang gagap teknologi. Pada pelaksanaan E-rapor ini pihak sekolah juga melakukan beberapa strategi agar E-rapor terlaksanan sesuai dengan harapan. Dengan cara memanipulasi nilai dan melakukan intervensi terhadap penilaian yang dilakukan guru, sehingga berujung pada akreditasi dan pencitraan sekolah agar siswa lulus ke perguruan tinggi negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan E-rapor dan melihat bagaimana pola perilaku serta tindakan guru dalam pelaksanaan E-rapor di SMA Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parsons yang dikenal dengan skema AGIL.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah informan 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi aktif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dari proses pelaksanaan E-rapor adalah (1) Proses Pengumpulan Data E-rapor, data E-rapor diperoleh dari serangkaian aktivitas yang dilakukan guru; (2) Proses Penginputan E-rapor; (3) Kendala yang dihadapi guru seperti: guru mengalami kesulitan saat penginputan nilai, membutuhkan waktu lama, masalah pada sistem E-rapor dan jaringan internet, kurangnya motivasi siswa untuk belajar dan berkompetisi, hilangnya semangat guru untuk mengajar; (4) Strategi yang dilakukan sekolah sebagai bentuk adaptasi terhadap pelaksanaan E-rapor adalah : memanipulasi nilai rapor, intervensi dari pihak sekolah, sasaran sekolah adalah meluluskan siswanya ke perguruan tinggi negeri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-RAPOR, NILAI, PELAKSANAAN, PROSES
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:46
Last Modified: 22 Jul 2025 06:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16191

Actions (login required)

View Item
View Item