Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pembelajaran Tema 2 Subtema 2 Kelas IV Gugus III Kecamatan Kinali

Irmayenti, Yuli (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pembelajaran Tema 2 Subtema 2 Kelas IV Gugus III Kecamatan Kinali. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULI_IRMAYENTI_17129280_2721_2022.pdf] Text
final_B1_6_YULI_IRMAYENTI_17129280_2721_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru masih menggunakan model konvensional saat pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajarsiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ModelProblem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IVGugus III Kecamatan Kinali Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianeksperimen, dan desain desain penelitian Quasi Eksperimen Design (eksperimensemu). Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Clusterrandom sampling. Kelas IV A SDN 27 Kinali sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B SDN 27 Kinali sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakandalam mengumpulkan data berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penilitian ini menggunakan uji prasyarat berupa ujinormalitas dan homogenitas serta uji homogenitas serta uji hipotesismenggunakan uji-t (t-test). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh t yakni 3,013 > 2,024 dengan taraf nyata 0,05 yang berarti H ditolak. Rata-ratahasil belajar siswa yang diukur dengan posttest setelah dilakukan pembelajaran,yakni pada kelas eksperimen 81 dan kelas kontrol 71,5. Sehingga H 0 diterimayaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV Gugus III KecamatanKinali Pasaman Barat. hitung 1 > t tabel

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:42
Last Modified: 22 Jul 2025 06:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item
View Item