Peningkatan Hasil Belajar Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar dan Bangun Ruang Sederhana dengan Strategi Problem Solving di Kelas V SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar

Martha, Lusiana (2013) Peningkatan Hasil Belajar Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar dan Bangun Ruang Sederhana dengan Strategi Problem Solving di Kelas V SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LUSIANA_MARTHA_96319_235_2014.pdf] Text
final_B1_6_LUSIANA_MARTHA_96319_235_2014.pdf

Download (749kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang sederhana karena strategi pembelajaran digunakan oleh guru kurang bervariasi sehingga pengajaran yang dilakukan masih bersifat konvensional seperti siswa hanya dituntut untuk menghafal langkah-langkah penyelesaian sebuah soal cerita, tanpa usaha untuk menemukan langkah penyelesaian soal cerita tersebut sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Dan Bangun Ruang Sederhana Dengan Strategi Problem Solving Di Kelas V SD Negeri 11 Tanjung Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 11 Tanjung Pandai sikek. Data penelitian berupa proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dari aspek guru, siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dengan dengan Strategi Problem Solving pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata 68 dan siklus II rata-rata 80. Dari kemampuan guru merancang pembelajaran dari 75% mencapai 95%. Aktivitas guru dari 71% mengalami peningkatan menjadi 88%. Aktivitas siswa dari 73% mengalami peningkatan 90%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V dengan dengan Strategi Problem Solving mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Strategi Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:41
Last Modified: 22 Jul 2025 06:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16189

Actions (login required)

View Item
View Item