Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas IV SDN 07 Alahan Sirih Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Almerya, Yuli (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas IV SDN 07 Alahan Sirih Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULI_ALMERYA_52478_2013.pdf] Text
final_B1_6_YULI_ALMERYA_52478_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan dilapangan bahwa pembelajaran membaca di Sekolah Dasar (SD). Siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan. Kesulitan dalam membaca dapat diungkapkan : (a) Siswa sulit menemukan kalimat utama, (b) Siswa malu mengemukakan pendapatnya, (e) Guru sulit menggunakan model yang tepat untuk membimbing siswa dalam membaca pemahaman, (d) Penggunaan metode dan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah agar semua langkah-langkah pembelajaran CIRC yang digunakan dapat terlaksana keseluruhannya sehingga kemampuan membaca pemahaman menjadi meningkat. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang merupakan siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh dan hasil pengamatan. Perolehan hasil penilaian pembelajaran membaca pemahaman pada siklus 1• tahap prabaca 75,23 ,tahap saatbaca 71,53 ,tahap pasta baca 73,15. Perolehan hasil penilaian pembelajaran membaca pemahaman pada siklus II : tahap prabaca 83,15, tahap saatbaca 78,46, dan tahap pascabaa 80,92. Maka kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan CIRC dikelas IV SDN 07 Alahan Sirih Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CIRC, Peningkatan Keterampilan Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:27
Last Modified: 22 Jul 2025 04:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16181

Actions (login required)

View Item
View Item