Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 08 Sikapak Mudik Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman

Afriani, Yuli (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri 08 Sikapak Mudik Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULI_AFRIANI_09750_5059_2012.pdf] Text
final_B1_6_YULI_AFRIANI_09750_5059_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan penulis ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 08 Sikapak Mudik. Hal ini disebabkan pembelajaran yang diberikan guru lebih menekankan pada kemampuan siswa menghapal teori tanpa pengembangan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul, sehingga dalam pembelajaran siswa menjadi pasif. Seharusnya, pembelajaran IPA yang dilakukan harus menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan karena pembelajaran IPA sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV SD Negeri 08 Sikapak Mudik Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan langkah-langkahnya yaitu Konstruvisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan,refleksi dan penilaian sebenarnya Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual.Jika dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada masingmasing siklus.Nilai rata-rata Kognitif hasil ketuntasan belajar yang diperoleh 58% menjadi 64%.Pada aspek afektif siklus I pertemuan 1 61% meningkat menjadi 66% pada pertemuan II.Pada Siklus II Pertemuan I 70% pada pertemuan II 76%,Sedangkan nilai Psikomotor yang didapat dari siklus I Pertemuan I 61% dan pertemuan II 69%.Siklus II Pertemuan I 73% Pada Pertemuan II 79%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar IPA Siswa SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:18
Last Modified: 22 Jul 2025 04:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16177

Actions (login required)

View Item
View Item