Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas V SD Negeri 03 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung

Bernat, Kardi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas V SD Negeri 03 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_KARDI_BERNAT_93727_2442_2012.pdf] Text
B1_6_KARDI_BERNAT_93727_2442_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi awal peneliti di SDN 03 Geragahan dalam
pembelajaran IPS yang dilaksanakan belum mampu melibatkan siswa secara aktif,
dan pembelajaran kurang menyenangkan karena metode yang dipakai guru dalam
menyajikan materi hanya ceramah yang menyebabkan siswa jadi bosan serta guru
mengajar hanya menekankan aspek kognitif semata sehingga rendahnya hasil
belajar yang diperoleh siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian
menggunakan pendekatan cooperative learning tipe make a match. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action
research), dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa SDN 03 Geragahan. Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Prosedur penelitian
dilakukan melalui 4 tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan,
dan 4) refleksi.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dilakukan, didapat
persentase hasil perencanaan siklus I pertemuan 1 yaitu 78,57%, siklus I
pertemuan 2 yaitu 82,14%, siklus II pertemuan 3 yaitu 89,28%, dan siklus II
pertemuan 4 yaitu 96,43%. Hasil dari kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru
dan siswa yang diamati observer diperoleh persentase aspek guru siklus I
pertemuan 1 yaitu 72,22%, aspek siswa 61,11%, siklus I pertemuan 2 aspek guru
80,56%, aspek siswa 72,22%, siklus II pertemuan 3 aspek guru 88,89%, aspek
siswa 88,89%, dan siklus II pertemuan 4 aspek guru 97,22%, aspek siswa 97,22%.
Dan rata-rata kelas hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I pertemuan 1
yaitu 65,65, Siklus I pertemuan 2 yaitu 71,55. Siklus II pertemuan 3 yaitu 81,52,
siklus II pertemuan 4 yaitu 87,92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan pendekatan cooperative learning tipe make a match dapat
meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri 03 Geragahan, Kecamatan
Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:27
Last Modified: 22 Jul 2025 04:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16176

Actions (login required)

View Item
View Item