Syukriati, Syukriati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 02 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SYUKRIATI_04308.pdf [thumbnail of final_B1_6_SYUKRIATI_04308.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SYUKRIATI_04308.pdf
Download (540kB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2011 di kelas IV SD Negeri 02 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat menunjukkan bahwa hasil belajar pembelajaran soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama yang diperoleh siswa rendah. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan pendekatan PBL di kelas IV SD Negeri 02 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di bidang pendidikan dan pengajaran soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan peningkatan proses pembelajaran soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama pada kelas IV SD. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan untuk dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 rata-rata 61,6 dan pertemuan 2 menjadi 69,88. Pada siklus II pertemuan 1 rata-rata meningkat menjadi 79 dan siklus II pertemuan 2 menjadi 86. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IV SD Negeri 02 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Soal Cerita, Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:18 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16169 |