Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Tipe Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Sumbar

Almanda, Rizky (2018) Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Tipe Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RIZKI_ALMANDA_1302409_963_2018.pdf] Text
B1_05_RIZKI_ALMANDA_1302409_963_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMK Negeri 1 Sumbar yaitu 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan model pembelajaran pendekatan saintifik tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa Teknik Audio Video di SMK Negri 1 Sumbar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi (Quasi Eksperimental) dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Subjek penelitian yaitu kelas X Teknik Audio Video A sebagai kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan kelas X Teknik Audio Video B sebagai kelompok eksperimen II menggunakan model pembelajaran pendekatan saintifik tipe Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen I dan II, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I didapatkan nilai rata-rata 83,13, sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 78,29. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 2,12> 2,05, karena thitung besar dari ttabel,maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan model pembelajaran pendekatan saintifik tipe Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumbar. Maka model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih baik di bandingkan dengan mo

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Problem Based Learning, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:17
Last Modified: 22 Jul 2025 04:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16160

Actions (login required)

View Item
View Item