Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Materi Tata Nama Senyawa Kimia Di SMA Kelas X

Pradita, Shinta (2016) Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Materi Tata Nama Senyawa Kimia Di SMA Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_SHINTA_PRADITA_12841_6381_2016.pdf] Text
B1_07_SHINTA_PRADITA_12841_6381_2016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran pada materi tata nama senyawa kimia serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas media. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan model 4-D, yaitu: define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi hingga tahap develop (pengembangan). Permainan ular tangga kimia yang dikembangkan divalidasi oleh 4 orang validator dan uji praktikalitas pada 28 orang siswa kelas X MIA 2 SMAN 7 Padang. Instrumen yang digunakan untuk uji validitas dan uji praktikalitas adalah angket. Data penelitian dianalisis menggunakan moment kappa. Berdasarkan hasil analisis data diperolah permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran pada materi tata nama senyawa kimia memiliki tingkat validitas sebesar 0,90 dengan kategori sangat tinggi dan tingkat praktikalitas sebesar 0,89 dengan kepraktisan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga Kimia, Tata Nama Senyawa Kimia, Model 4-D, Moment Kappa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:17
Last Modified: 22 Jul 2025 04:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16158

Actions (login required)

View Item
View Item