Yulfita, Yulfita (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Permainan Stabillo Kalimat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 28 Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YULFITA_09458_1371_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_YULFITA_09458_1371_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YULFITA_09458_1371_2012.pdf
Download (193kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti mengajar di kelas IV SD Negeri 28 Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang bahwa kemampuan membaca cepat siswa kelas IV masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi permasalahan membaca cepat diatas penulis melakukan penelitian tindakan kelas pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan stabillo kalimat. Tujuan penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca cepat melalui permainan stabillo kalimat di kelas IV SD Negeri 28 Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang pada tahap prabaca, saat baca, dan pasca baca. Penelitian ini dilaksananakan sesuai dengan langkah-langkah metode penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran. Sub jek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di SDN 28 Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang dengan jumlah siswa 26 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca cepat melalui permainan stabillo kalimat adalah kurang kemudian pada siklus II meningkat menjadi berkualifikasi baik. Rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76 dan pada siklus II meningkat menjadi 79. Rata-rata kemampuan membaca cepat siswa pada siklus I adalah 132 kata permenit dengan kategori cukup. Kemudian pada siklus II rata-rata kemampuan membaca cepat siswa 152 kata permenit dengan kategori baik. Dengan demikian terbukti bahwa melalui permainan stabillo kalimat dapat meningkatkan hasil belajar membaca cepat siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Stabillo Kalimat, Kemampuan Membaca Cepat, Peningkatan Literasi Siswa SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:17 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16155 |