Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SDN 05 Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Hanafi, Rizki (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SDN 05 Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIZKI_HANAFI_04315_1469_2013.pdf] Text
final_B1_6_RIZKI_HANAFI_04315_1469_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 05 Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan jarang menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 05 Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 05 Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) tindakan dan pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil penilaian terhadap RPP yang dapat dilihat dari persentase perolehan yang terus meningkat dari siklus I yaitu 85,71% ke siklus II menjadi 94,63%. Kemudian hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru juga mengalami peningkatan dilihat dari persentase perolehan, dari siklus I yaitu 83,92% ke siklus II menjadi 94,64%. sedangkan hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 81,24% ke siklus II menjadi 93,74%. Berdasarkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari rata-rata skor perolehan juga mengalami peningkatan dari siklus I hanya 77,55 meningkat pada siklus II menjadi 89,76. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Model Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:16
Last Modified: 22 Jul 2025 04:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16152

Actions (login required)

View Item
View Item