Perrina, Rizka Okta (2020) Pembuatan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Creative Problem Solving pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi IPA SMP/MTs Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RIZKA_OKTA_PERRINA _15033079_1635_2020.pdf [thumbnail of B1_05_RIZKA_OKTA_PERRINA _15033079_1635_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RIZKA_OKTA_PERRINA _15033079_1635_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
s pembelajaran. Perangkat pembelajaran harus dapat membantu siswa dalam membentuk kompetensi dan karakter. Berdasarkan observasi perangkat pembelajaran saat ini kurang dapat membantu siswa dalam membentuk kompetensi dan karakter dengan baik. Oleh karena itu, dikembangkanlah perangkat pembelajaran yang dapat menunjang ketercapaian kompetensi dan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Terpadu berbasis model Creative Problem Solving dengan kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) mengunakan model pengembangan 4D yang direduksi menjadi 3D dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop), karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian ini adalah tiga orang validator yaitu tiga dosen fisika FMIPA UNP dan dua orang guru IPA Terpadu serta 32 siswa SMPN 33 Padang. Validitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui instrument validitas oleh tenaga ahli dan praktikalitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui instrumen praktikalitas oleh guru dan siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan produk berupa perangkat pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving pada materi getaran, gelombang, dan bunyi SMP/Mts kelas VIII. Produk penelitian dikategorikan valid dengan nilai rata-rata 80,11 % . Pada penilaian praktikalitas oleh guru dikategorikan praktis dengan nilai rata-rata 81,42% dan penilaian oleh siswa praktis dengan nilai rata-rata 82,11%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, Creative Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:16 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16151 |