Peningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Pendekatan Somatis, Audiotori, Visuality, Intelektual(SAVI) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Pasir Tinggi Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Syofriadi, Syofriadi (2016) Peningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Pendekatan Somatis, Audiotori, Visuality, Intelektual(SAVI) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Pasir Tinggi Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SYOFRIADI_93734_675_2016.pdf] Text
final_B1_6_SYOFRIADI_93734_675_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar Negeri 19 Pasir Tinggi bahwa guru belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang bervariasi,sehingga banyak siswa yang memperoleh nilai keterampilan menulis rendah. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan Somatis, Audiotori, Visuality, Intellectual(SAVI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan PendekatanSomatis, Audiotori, Visuality, Intellectual(SAVI).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Pasir Tinggi yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, evaluasi berupa penilaian proses dan penilaian peningkatan keterampilan menulis puisi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari aspek guru pada siklus I mendapat persentase73,85% dengan kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan pada aspek siswa siklus I mendapat persentase61,31% dan meningkat pada siklus II 90,9%. Nilai rata-rata tahap Pra Penulisan siklus I 72 dan siklus II meningkat menjadi 82,7. Tahap Penulisan siklus I 68,67 dan siklus II meningkat menjadi 76,2. Tahap Pasca Penulisan siklus I 72,7 dan siklus II meningkat menjadi 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi dengan PendekatanSomatis, Audiotori, Visuality, Intellectual(SAVI) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Pasir Tinggi Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Puisi, Pendekatan Somatis, Audiotori, Visuality, Intelektual (SAVI), penelitian tindakan kelas, Sekolah Dasar, pembelajaran bervariasi, peningkatan keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:16
Last Modified: 22 Jul 2025 04:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16148

Actions (login required)

View Item
View Item