Antoni, Antoni (2015) Perbedaan Motivasi Belajar dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi dan Non Bidikmisi pada Jurusan BK FIP UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ANTONI_88069_3915_2016.pdf [thumbnail of B1_5_ANTONI_88069_3915_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ANTONI_88069_3915_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Motivasi belajar dan penyesuaian diri adalah dua faktor penentu keberhasilan seorang mahasiswa dalam belajar. Masih ditemukan mahasiswa yang belum mampu meraih nilai yang tinggi, mengerjakan tugas dengan benar, belajar dengan baik, bersikap sesuai aturan dan tuntutan dll, dimana hal tersebut menunjukan bahwa motivasi belajar dan penyesuaian diri mahasiswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Motivasi belajar mahasiswa bidikmisi-non bidikmisi, 2) Penyesuaian diri mahasiswa bidikmisi-non bidikmisi, 3) Perbedaan tingkat motivasi belajar mahasiswa bidikmisi-non bidikmisi, dan 4) Perbedaan tingkat penyesuaian diri mahasiswa bidikmisi-non bidikmisi.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Padang, angkatan 2010-2014 yang berjumlah 570 orang. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan proporsional random sampling. diperoleh 147 orang mahasiswa dengan rincian 55 orang mahasiswa Bidikmisi dan 92 orang mahasiswa non bidikmisi. Instrumen yang digunakan yaitu Skala Model Likert. Data dianalisis uji t dengan bantuan program spss v.16.
Temuan penelitian menunjukan bahwa: 1). Tingkat motivasi belajar mahasiswa bidikmisi berada pada kategori sedang, 2). Tingkat motivasi belajar mahasiswa non bidikmisi berada pada kategori sedang, 3). Tingkat penyesuaian diri mahasiswa bidikmisi berada pada kategori cukup, 4). Tingkat penyesuaian diri mahasiswa non bidikmisi berada pada kategori cukup, 5). Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi dengan taraf signifikansi 0,000, dan 6). Terdapat perbedaan yang signifikan antara penyesuaian diri mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi dengan taraf signifikansi 0,000
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Penyesuaian Diri, Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:49 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16142 |