Peningkatan Hasil Belajar Sifat Sifat Bangun Ruang dengan Pendekatan Konstruktivistik di Kelas IV SD Negeri 14 KTK Kota Solok

Yulastri, Yulastri (2015) Peningkatan Hasil Belajar Sifat Sifat Bangun Ruang dengan Pendekatan Konstruktivistik di Kelas IV SD Negeri 14 KTK Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULASTRI_95569_5836_2015.pdf] Text
final_B1_6_YULASTRI_95569_5836_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru dalam mengajarkan sifat-sifat bangun ruang belum mengaitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, akibatnya hasil belajar rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik pada pembelajaran sifat-sifat bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang diteliti berjumlah 28 orang. Hasil penelitian siklus I pada perencanaan diperoleh rata-rata 77% (B), meningkat menjadi 89% (SB), pada siklus II, tahap pelaksanaan dari aspek guru 72% (B), siklus I meningkat menjadi 91% (SB) siklus II, dan dari aspek siswa 67% (C), siklus I meningkat menjadi 86% (B) pada siklus II, dan hasil tes akhir nilai rata-rata siswa 70 (C) siklus I meningkat menjadi 78 (B) pada siklus II. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sifat-sifat bangun ruang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivistik, Bangun Ruang, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:15
Last Modified: 22 Jul 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item
View Item