Peningkatan Proses Pembelajaran IPS Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN 35 Padang Sarai Kota Padang

Syuprianti, Lora (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran IPS Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN 35 Padang Sarai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LORA_SYUPRIYANTI_1200702_5276_2016.pdf] Text
final_B1_6_LORA_SYUPRIYANTI_1200702_5276_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa guru lebih mendominasi selama proses pembelajaran, siswa kurang dibimbing dan diberi motivasi untuk melakukan penyelidikan dan menemukan sendiri terkait dengan materi pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa kurang terlibat secara langsung dalam menganalisis masalah yang ditemukan serta mengembangkan pengetahuan yang dimiliki. Permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 35 Padang Sarai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, siklus I dua pertemuan dan siklus II satu pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang terdiri dari 12 siswa lakilaki dan 15 siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pembelajaran pada siklus I 78,57 % (B) sedangkan siklus II meningkat menjadi 89,28 % (SB) b) pengamatan praktik pembelajaran dari aktivitas guru siklus I 78,57 % (B) dan untuk siklus II meningkat menjadi 92,85 % (SB) sedangkan pengamatan pembelajaran dari aktivitas siswa siklus I 76,77 % (C) dan untuk siklus II meningkat menjadi 89,28 % (SB). Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran IPS di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:48
Last Modified: 22 Jul 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16137

Actions (login required)

View Item
View Item