Liona, Anofa (2015) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Web Based Learning Social Media Design terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kubung Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ANOFA_LIONA_1101409_6202_2015.pdf [thumbnail of B1_5_ANOFA_LIONA_1101409_6202_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ANOFA_LIONA_1101409_6202_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan proses pembelajaran berpusat pada siswa
(Student Centered), Guru dituntut untuk membimbing serta memfasilitasi siswa
agar siswa dapat termotivasi untuk belajar baik dalam jam pelajaran di sekolah
maupun di luar jam sekolah. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik
dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat mendukung kelancaran
pembelajaran. Pembelajaran web based learning social media design dapat
membantu guru membimbing serta memfasilitasi siswa, sehingga dapat
meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan
interaksi siswa baik dengan guru, teman sekelas maupun dengan materi pelajaran.
Dengan begitu diharapkan kompetensi fisika siswa dapat meningkat. Oleh sebab
itu dilakukan penelitian untuk menyelidiki pengaruh penerapan pembelajaran Web
Based Learning Social Media Design terhadap kompetensi Fisika siswa kelas X
SMA Negeri 1 Kubung Solok.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Posttest
Only Control Design pada dua kelompok kelas yang dipilih secara acak. Populasi
dalam penelitian ini semua kelas X SMA Negeri 1 Kubung yang terdaftar pada
tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster
Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data untuk kompetensi sikap menggunakan teknik non tes, kompetensi
pengetahuan menggunakan teknik tes, dan kompetensi keterampilan
menggunakan teknik non tes. Analisis data dilakukan melalui uji kesamaan dua
rata-rata.
Kompetensi Fisika peserta didik kelas eksperimen nilai rata-ratanya lebih
baik dari kelas kontrol. Nilai rata-rata kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan secara berurutan untuk kelas eksperimen 84,69; 74,32; dan 86,81
dan untuk kelas kontrol 78,72; 68,48; dan 82,76. Setelah dilakukan uji kesamaan
dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 terdapat perbedaan berarti antara kelas
eksperimen dengan kelas kontrol pada ketiga ranah kompetensi. Dari hasil ini
dinyatakan bahwa perbedaan tersebut diyakini akibat pengaruh dari penerapan
pembelajaran web based learning social media design, dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran web based
learning social media design terhadap kompetensi Fisika kelas X SMA Negeri 1
Kubung Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:48 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16136 |