Erita, Syofni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Cooperative Learning Model Jigsaw Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri 02 Percontohan Bukittinggi. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SYOFNI_ERITA_09316_3338_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SYOFNI_ERITA_09316_3338_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SYOFNI_ERITA_09316_3338_2013.pdf
Download (741kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa, hasil belajar siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kurang memuaskan dan belum dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa. Tujuan khusus penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 02 Percontohan dengan jumlah siswa 32 orang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian berbentuk penelitian tindakan kelas. Waktu penelitian pada bulan April 2011. Prosedur penelitian terdiri dari: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Data diperoleh dari: a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; b) pelaksanaan; c) evaluasi. Analisis data diuraikan dengan menelaah data; reduksi data; penyajian; dan menyimpulkan.
Hasil penilaian siklus I, perencanaan pembelajaran memperoleh skor 74% dengan kriteria baik, pembelajaran aspek guru siklus I dengan skor 74% dengan kriteria baik sedangkan aspek siswa 70% dengan kriteria baik, dan hasil belajar siswa 71 dengan kriteria baik. Untuk siklus II, penilaian perencanaan pembelajaran 96% dengan kriteria sangat baik, penilaian aspek guru 97% dengan kriteria sangat baik, sedangkan aspek siswa 95% dengan kriteria sangat baik, dan hasil belajar siswa 79 dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian, cooperative learning model jigsaw dapat meningkatkan proses pembelajaran aspek guru maupun siswa, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, IPS, Cooperative Learning, Model Jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16135 |