Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Listening Team di Kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan.

Maulina, Kania (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Listening Team di Kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_KANIA_MAULINA_17129225_2860_2021.pdf] Text
B1_6_KANIA_MAULINA_17129225_2860_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir
Selatan. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model
pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif tipe Listening
Team di kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing

siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non
tes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido
Pesisir Selatan yang berjumlah 11 orang.
Hasil penelitian yaitu: (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I 85% kategori
baik meningkat pada siklus II dengan persentase 92% kategori sangat baik, (2)
aktivitas guru pada siklus I 87% kategori baik meningkat pada siklus II dengan
persentase 96% kategori sangat baik, (3) aktivitas siswa pada siklus I 87%
kategori baik meningkat pada siklus II dengan persentase 96% kategori sangat
baik. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-ratanya 72,2
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,5. Dapat disimpulkan bahwa
model Kooperatif tipe Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 22 Kampung Luar
Salido Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model Kooperatif Tipe Listening Team
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:15
Last Modified: 22 Jul 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16133

Actions (login required)

View Item
View Item