Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas IV SD Islam Budi Mulia Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Amelia, Rizki (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas IV SD Islam Budi Mulia Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIZKI_AMELIA_56970_3031_2014.pdf] Text
final_B1_6_RIZKI_AMELIA_56970_3031_2014.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDI Budi Mulia kota Padang, bahwa nilai pkn siswa kelas IV rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran didalam kelas lebih didominan oleh guru yang berdampak siswa kurang aktif dalam kelas yang mengakibatkan nilai siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT di SDI Budi Mulia kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini penulis bertindak sebagai pratiksi yang melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT dilaksanakan 5 tahap yaitu: 1) penyajian kelas 2) belajar dalam kelompok 3) permainan 4) pertandingan 5) penghargaan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Budi Mulia yang terteliti berjumlah 20 orang. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Team Games Tournament ( TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD. Hal ini terlihat dari (1) Perencanaan pada siklus I 78,57% dan meningkat menjadi 89,28% pada siklus II, (2) Pelaksanaan dari aspek guru pada siklus I 78,57% dan pertemuan II meningkat menjadi 93% pada siklus II, kemudian aspek siswa pada siklus I 71% meningkat menjadi 89% pada siklus II, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 68 meningkat menjadi 86 pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGTdapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDI Budi Mulia Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Kooperatif tipe TGT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:47
Last Modified: 22 Jul 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16129

Actions (login required)

View Item
View Item