Devian, Lora (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Realistic Matematika Education (RME) di Kelas V SDN 06 Balai Badak Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LORA_DEVIAN_95222_2663_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_LORA_DEVIAN_95222_2663_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LORA_DEVIAN_95222_2663_2012.pdf
Download (219kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman mengajar di SDN 06 Balai Badak Kab. Agam menunjukkan bahwa pembelajaran penjumlahan bilangan bulat guru belum menghubungkan dengan kehidupan nyata sehari-hari sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk itu diperlukan pendekatan belajar matematika yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan nyata sehari-hari, hal ini sesuai dengan karakteristik pendekatan Realistic Matematika Education (RME) yang menciptakan pembelajaran dengan menghubungkan pengalaman sehari-hari . Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat dengan pendekatan Realistic Matematika Education (RME). Langkah-langkah pendekatan RME : (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan model simbolik, (3) tahap penjelasan dan alasan, dan (4) tahap penutup. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di bidang pendidikan dan pengajaran dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperolah dari lembar penilaian RPP, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan hasil belajar. subjek penelitian adalah guru dan siswa SD Negeri 06 Balai Badak Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil belajar tergambar dari tiga aspek untuk masing-masing pertemuan sebagai berikut: pertemuan siklus I kognitif 64 % ketuntasan, meningkat pada siklus II menjadi 91.5% ketuntasan, dengan hasil belajar Kognitif Siklus 1 ratarata 69.7, meningkat rata-ratanya pada siklus II menjadi 86.9. Dari aspek afektif Siklus I mendapat skor 66.5%, meningkat pada sikulus II menjadi 82.5%. sedangkan dari aspek psikomotor, siklus I mendapat skor 67.5%, meningkat pada siklus II menjadi 88.5%. Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Realistic Matematika Education (RME) dapat diperoleh peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat di kelas V SDN 06 Balai Badak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education (RME), Hasil belajar siswa, Pembelajaran matematika kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:41 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16128 |