Kumilasari, Desi (2016) Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Vokal (a, i, u, e, o) Melalui Metode VAKT bagi Anak Tunagrahita Sedang di SLB Talawi Sawahlunto (Single Subject Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_DESI_KUMILASARI_03986_2984_2016.pdf [thumbnail of B1_2_DESI_KUMILASARI_03986_2984_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_DESI_KUMILASARI_03986_2984_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB
Talawi Sawahlunto, seorang anak tunagrahita sedang semester II yang mengalami kesulitan
dalam menulis huruf vokal (a,i,u,e,o). Hal ini terbukti, ketika dilakukan observasi ternyata
anak tidak mampu menulis huruf. Untuk mengatasi permasalahan ini peneliti mencoba
memberikan alternatif dengan menggunakan metode VAKT yang diasumsikan dapat
membantu tunagrahita sedang dalam memperbaiki kemampuan menulis huruf.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf vokal
(a,i,u,e,o) di SLB Talawi Sawahlunto. Jenis penelitian adalah Single Subject Research (SSR)
yaitu penelitian yang di lakukan dalam kondisi berbeda menggunakan desain A-B. dimana
kondisi A adalah baseline yakni kondisi awal kemampuan anak dalam menulis huruf vokal
sebelum di berikan tindakan. Sedangkan kondisi B merupakan kondisi intervensi yakni
kondisi dimana anak di berikan intervensi melalui metode VAKT. Ukuran target behavior
dilihat dari berapa persen anak mampu menulis huruf dari huruf vokal yang diberikan
(a,i,u,e,o).
Hasil penelitian ini terlihat bahwa kemampuan menulis huruf vokal anak tungrahita
sedang Sawahlunto meningkat setelah di berikan metode VAKT. Hal ini terbukti ketika
pengamatan yang dilakukan dalam dua sesi yaitu pertama sesi baseline (A) yang dilakukan
sebanyak lima kali pengamatan, dan persentase kemampuan menulis huruf pada kondisi ini
terletak pada rentang 0%, 0%, 0%, 0% dan 0%. Kedua,sesi intervensi (B) dengan
menggunakan metode VAKT, pengamatan dilakukan sebanyak sembilan kali pengamatan,
dan persentase kemampuan menulis huruf vokal anak tunagrahita pada kondisi ini terletak
pada rentang 0%, 33,3%, 60%, 66,6%, 73,3%, 73,3%, 86,6%, 100%, 100%. Berdasarkan
hasil penelitian ini dapat dimaknai bahwa kemampuan menulis huruf vokal anak tunagrahita
sedang di SLB Talawi Sawahlunto dapat meningkat melalui metode VAKT dan juga dapat
disarankan kepada guru, kepala sekolah bahwa metode VAKT dapat menggunakan sebagai
metode dalam meningkatkan kemampuan menulis anak tunagrahita sedang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis Huruf Vokal |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:41 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16126 |