Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan pada Mata Pelajaran Melakukan Instalasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang

Valeri, Yuki (2012) Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan pada Mata Pelajaran Melakukan Instalasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUKI_VALERI_74118_1047_2012.pdf] Text
final_B1_6_YUKI_VALERI_74118_1047_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pokok permasalahan penelitian ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran melakukan instalasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran melakukan instalasi berbasis Graphical User Interface (GUI) di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang adalah 75 dengan rentang nilai (0 - 100). Kenyataan dilapangan bahwa 60% siswa memperoleh nilai < 75 dan 40% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran melakukan instalasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan teknik komputer jaringan yang berjumlah 113 orang. Sampel penelitian sebanyak 53 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen kuesioner dianalisis dengan menggunakan program SPSS (statistic product and service solution) versi 16.0. Hasil pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat t hitung sebesar 6,278 sedangkan t sebesar 2,008 dengan df = n – 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan t tabel hitung > t , berarti terdapat kontribusi yang signifikansi antar variabel dengan r 2 tabel (r Square) sebesar 0,436. (2) Hipotesis kedua, hasil analisis uji-t didapat t hitung sebesar 5,744 sedangkan t sebesar 2,008 dengan df = n – 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan t tabel , berarti terdapat kontribusi yang signifikansi antar variabel dengan r (r Square) sebesar 0,393. (3) Hipotesis ketiga, dari analisis diperoleh F sebesar 22,930 sedangkan F tabel hitung sebesar 3,183 dengan df 2(n-k-1), pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan F hitung > F , berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel dengan R 2 tabel (R Square) sebesar 0,478. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya. hitung 2 > t tabel

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Teknologi, Instalasi Sistem Operasi GUI, Faktor Eksternal Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:47
Last Modified: 22 Jul 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

View Item
View Item