Penggunaan Aplikasi Emaze Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Risna, Alif Multahul (2022) Penggunaan Aplikasi Emaze Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_06_ALIF_MULTAHUL_RISNA_18023004_3249.pdf] Text
B1_06_ALIF_MULTAHUL_RISNA_18023004_3249.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Aplikasi Emaze sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif terapan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah klasifikasi data, klarifikasi data, menganalisis data,mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Emaze sebagai media pembelajaran seni budaya (tari) di kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP meningkatkan motivasi belajar siswa dan fokus siswa dalam
belajar untuk memahami materi pembelajaran. Motivasi belajar siswa meningkat dengan tampilan 3D dan keunggulan lainnya dari aplikasi Emaze. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujian praktik siswa yang sangat memuaskan dan mencapai tujuan
pembelajaran sesuai dengan silabus dan RPP. Peserta didik suka dan bahkan tertarik untuk menggunakan aplikasi Emaze kembali pada saat pembelajaran, baik untuk mata pelajaran seni budaya dan mata pelajaran lainnya, hal ini diperkuat
dengan hasil ujian praktik tari siswa, berjumlah 220 siswa mendapatkan nilai di atas KKM mata pelajaran seni budaya, nilai terendah yang didapatkan siswa adalah 83, terdapat 28 siswa yang tidak mengikuti ujian praktik tari. Ada juga
yang kontra dengan pernyataan di atas namun jumlah yang mendukung penggunaan aplikasi Emaze sangat jauh dibandingkan yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:41
Last Modified: 22 Jul 2025 03:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16121

Actions (login required)

View Item
View Item