Yuhendri, Yuhendri (2014) Peningkatan Hasil Belajar dengan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN 15 Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUHENDRI_50686_833_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUHENDRI_50686_833_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUHENDRI_50686_833_2014.pdf
Download (276kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 15 Padang Sarai masih rendah, ini disebabkan karena siswa kurang mampu menkonstrusi pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar untuk memperoleh konsep lansung melalui percobaan. Penggunaan pendekatan konstruktivisme menjadi solusi agar pembelajaran IPA semangkin meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 15 Padang Sarai . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilaksanakan dengan lembaran observasi, tes hasil belajar, dan lembar pengamatan. Prosedur penelitian terdiri dari: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil penelitian yang pada kegiatan yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut: (1) RPP siklus I 66,06% meningkat pada siklus II menjadi 87,49%. (2) Pelaksanaan pembelajaran (a) dari aspek guru siklus I 66,06% meningkat pada siklus II menjadi 85,71%, (b) dari aspek siswa siklus I 64,28% meningkat pada siklus II menjadi 87,26%. (3) Hasil belajar (a) aspek kognitif siklus I 68,33 meningkat pada siklus II menjadi 89,99, (b) aspek afektif siklus I 69,83 meningkat pada siklus II menjadi 81,88, (c) aspek psikomotor siklus I 71,05 meningkat pada siklus II menjadi 82,59. Dengan demikian penilaian dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 15 Padang Sarai
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar IPA, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:41 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16118 |