Gusis, Rizka Wahyuni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 01 Koto Tangah Batu Hampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIZKA_WAHYUNI_GUSIS_07435_3715_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIZKA_WAHYUNI_GUSIS_07435_3715_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIZKA_WAHYUNI_GUSIS_07435_3715_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 01 Koto Tangah Batu Hampar Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota bahwa saat mengajarkan IPA masih berpusat pada guru. Hasilnya siswa kurang aktif dan kurang berpartisipasi dalam belajar sehingga hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menjadi rendah. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metoda eksperimen. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Koto tangah Batu Hampar Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah siswa 17 orang, menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dua kali pertemuan persiklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Langkahlangkah pembelajaran dengan mengikuti langkah-langkah eksperimen yang dirancang oleh Amalia. Hasil penilaian penelitian dari RPP siklus I adalah 66,07% dan siklus II adalah 98,21%. Dalam pelaksanaan yang dinilai aktivitas guru dan aktivitas siswa. Penilaian dari aktivitas guru siklus I adalah 76,13% dan siklus II adalah 94,31%. Penilaian dari aktivitas guru siklus I adalah 68,19% dan siklus II adalah 93,18%. Penilaian hasil belajar siswa terdiri dari 3 asfek (kognitif, afektif dan psikomotor), rata-rata yang diperoleh dari siklus I adalah 67,26 dan siklus II adalah 85,82. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan metoda eksperimen dapat meninggatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Metode Eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16117 |