Jasilla, Loli (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 20 Kalumbuk Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LOLI_ JASDILLA_ 54254_5913_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_LOLI_ JASDILLA_ 54254_5913_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LOLI_ JASDILLA_ 54254_5913_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa hasil belajar IPS di kelas IV SDN 20 Kalumbuk masih rendah, karena dalam pembelajaran IPS terpusat pada guru sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shere (TPS) di kelas IV SDN 20 Kalumbuk Kota Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran IPS menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shere (TPS) di kelas IV SDN 20 Kalumbuk Kota Padang berjumlah 22 orang. Prosedur penelitian terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam : (a) Perencanaan pembelajaran yakni pada siklus I adalah 87,07% , pada siklus II meningkat 96% , (b) pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I 79,7% meningkat menjadi 91% pada siklus II, dan pada aspek siswa siklus I 77% meningkat pada siklus II menjadi 91% , (c) hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 76,75% meningkat menjadi 89,16%, dengan kualifikas sangati baik. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terlihat adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Shere (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 20 Kalumbuk Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share (TPS), Hasil belajar, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:42 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16115 |