Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas IV SD Angkasa I Lanud Kota Padang

Asril, Rahmanita (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas IV SD Angkasa I Lanud Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHMANITA_ASRIL_1204923_4580_2016.pdf] Text
final_B1_6_RAHMANITA_ASRIL_1204923_4580_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah karena guru kurang melibatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, guru kurang meningkatkan interaksi siswa antar kelompok, guru kurang membangkitkan motivasi siswa dalam belajar, dan guru belum menggunakan model Two Stay Two Stray dalam RPP yang digunakan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SD Angkasa I Lanud Kota Padang. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Angkasa I Lanud Kota Padang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian adalah proses pembelajaran IPS di kelas IV SD Angkasa I Lanud Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pada siklus 1 memperoleh persentase rata-rata 80,35% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus 2, b) pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru pada siklus 1 memperoleh persentase rata-rata 80,35% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus 2, pada aspek siswa siklus 1 memperoleh persentase rata-rata 76,78% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus 2, c) hasil belajar siswa siklus 1 memperoleh rata-rata 79,19 dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 90,26 dengan kualifikasi sangat baik pada siklus 2. Dengan demikian, model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Angkasa I Lanud Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS,Model Kooperatif,Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:42
Last Modified: 22 Jul 2025 03:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item
View Item