Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas IV SDN 08 Gantiang Kota Padang Panjang

Dedti, Rizka Prima (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas IV SDN 08 Gantiang Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIZKA_PRIMA_DEDTI_17129262_4702_2021.pdf] Text
final_B1_6_RIZKA_PRIMA_DEDTI_17129262_4702_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

enelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi pada saat proses pembelajaran berlangsung yaitu suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan sehingga siswa cepat merasa bosan, kurang berpartisipasi dan kurang berperan aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, banyak juga siswa yang terlihat kurang bersemangat serta mengantuk pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas IV SDN 08 Gantiang Kota Padang Panjang. Pendekatan yang digunakan ada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mana pada siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini yaitu guru dan siswa dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki- laki dan 13 orang siswa perempuan,. Hasil penelitian pada pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai rata- rata 79,81% (C), meningkat pada siklus II menjadi 92,31 % (A). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 79,16% (C), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A). Pada aspek siswa diperoleh rata- rata pada siklus I 79,16% (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A). Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata- rata 75,89(C), meningkat pada siklus II menjadi 92,65(A). Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 08 Gantiang Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Siswa, Snowball Throwing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:41
Last Modified: 22 Jul 2025 03:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16112

Actions (login required)

View Item
View Item