Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Model Picture and Picture bagi siswa kelas V SDN 03 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Rahmanita, Rahmanita (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Model Picture and Picture bagi siswa kelas V SDN 03 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHMANITA_1108333_6077_2014.pdf] Text
final_B1_6_RAHMANITA_1108333_6077_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 03 V Koto Kampung Dalam ditemui permasalahan bahwa proses pembelajaran menulis puisi di kelas V guru kurang mengaitkan pengalaman siswa dengan pembelajaran yang sedang dipelajarinya, kemudian guru tidak menggunakan model pembelajaran maupun media pembelajaran yang tepat. Solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan model picture and picture. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model picture and picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatann kualitatif dan kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa SDN 03 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, kegiatan difokuskan pada setiap tahap yaitu prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil penelitian dari setiap siklus terjadi peningkatan. Terlihat pada aktivitas guru pada siklus I tahap prapenulisan hasil pengamatan guru 67,2%, kegiatan siswa 62,5%. Tahap penulisan hasil pengamatan guru 65%, hasil pengamatan siswa 67,5%. Tahap pasacapenulisan hasil pengamatan guru 62,5%, hasil pengamatan siswa 62,5%. Pada siklus II tahap prapenulisan hasil pengamatan guru 87,5%, hasil pengamatan siswa 87,5%. Tahap penulisan hasil pengamatan guru 80%, hasil pengamatan siswa 80%. Tahap pascapenulisan hasil pengamatan guru 91,6%, hasil pengamatan siswa 91,6%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I tahap prapenulisan 65,8, tahap penulisan 65,2, dan tahap pascapenulisan 67,3 terjadi peningkatan pada siklus II yaitu tahap prapenulisan 82,5, tahap penulisan 82,5, dan tahap pascapenulisan 83,3.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Puisi,Model Picture and Picture
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:40
Last Modified: 22 Jul 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16107

Actions (login required)

View Item
View Item