Pengaruh Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Pada Materi Kinematika Vektor dan Gravitasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Kelas XI SMA N 2 Sawahlunto

Ulfah, Annisa (2014) Pengaruh Bahan Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Pada Materi Kinematika Vektor dan Gravitasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Kelas XI SMA N 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ANNISA_ULFAH_12732_1641_2014.pdf] Text
B1_5_ANNISA_ULFAH_12732_1641_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar Fisika siswa di kelas XI SMA N 2 Sawahlunto belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, hal ini dikarenakan beberapa hal yakni belum ada bahan ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan minimnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian guna melihat pengaruh bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter pada materi kinematika vektor dan gravitasi terhadap hasil belajar fisika dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together kelas XI SMA N 2 Sawahlunto.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA N 2 Sawahlunto yang terdaftar pada semester 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Kelas XI IPA 1 merupakan kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter dan kelas XI IPA 2 merupakan kelas kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter. Kedua kelas sampel sama-sama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Data penelitian meliputi ranah kognitif dan afektif. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk hasil belajar ranah kognitif dan format observasi untuk hasil belajar ranah afektif. Teknik analisis data untuk hasil belajar ranah kognitif dan afektif digunakan uji t pada taraf nyata 0,05.
Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan pada dua ranah. kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen, maka dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t. Uji statistik t, didapatkan hasil belajar pada ranah kognitif thitung = 2,74 dan ttabel = 2,00, sedangkan hasil belajar pada ranah afektif nilai thitung = 2,82 dan ttabel = 2,00. Dari hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif didapatkan thitung > ttabel, dengan demikian thitung terletak di luar daerah penerimaan Ho yang berarti Hi dapat diterima. Berdasarkan uji t pada taraf nyata 0,05 tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari bahan ajar bermuatan nilai-nilai karakter pada materi kinematika vektor dan gravitasi terhadap hasil belajar Fisika dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together kelas XI SMA N 2 Sawahlunto

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:40
Last Modified: 22 Jul 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16104

Actions (login required)

View Item
View Item