Dewi, Lola Purnama (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Cooperative Learning model TPS(Think pair Share)di Kelas IV SD N 12 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LOLA_PURNAMA_DEWI_52506_450_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_LOLA_PURNAMA_DEWI_52506_450_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LOLA_PURNAMA_DEWI_52506_450_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dimulai dari kenyataan di SD N 12 Kinali,dimana siswa selama ini mengalami kesulitan untuk memahami konsep pembelajaran IPS,karena dalam pembelajaran siswa cenderung lebih bersifat individu sehingga proses belajar kurang termotifasi dan menjadi pasif ini disebabkan oleh guru menjadi sumber belajar satusatunya,tanpa menerapkan pembelajaran teman sejawat.Hal ini menyebabkan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Cooperative learning model TPS(Think pair share).Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah perencanan,pelaksanaan,dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Cooperative learning model TPS(Think pair share).Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan,pelaksanaan,dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Cooperative learning model TPS(Think pair share) Dikelas IV SD N 12 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan secara kolaboratif. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SD Negeri 12 Kinali kabupaten Pasaman Barat, dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 32 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, dan hasil tes. Hasil penelitian dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 12 Kinali Kabupaten Pasaman Barat terlihat bahwa,Hasil Pengamatan RPP pada siklus I dengan persentase 75% meningkat menjadi 84%,Hasil pengamatan dari aspek guru pada siklus I dengan persentase 70% dan meningkat pada siklus II menjadi80%,dan pada aspek siswa siklus I persentase 70% pada siklus II meningkat menjadi 80 %. Sedangkan Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 78 dan pada siklus II meningkat menjadi 83 . Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Cooperative learning model TPS(Think pair share)dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 12 Kinali Kabupaten Pasaman Barat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Cooperative Learning, Model Think Pair Share (TPS), Cooperative Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:39 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16103 |