Yuhelni, Yuhelni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Role Playing di Kelas IV SDN 17 Kayu Aro Kecamatan Bungus Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUHELNI_95482_4088_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUHELNI_95482_4088_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUHELNI_95482_4088_2012.pdf
Download (478kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di lapangan yaitu dalam proses pembelajaran IPS guru tidak menggunakan metode yang bervariasi, guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, guru kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk berintegrasi dengan sesama teman di dalam pembelajaran, dan siswa tidak mampu mengekspresikan diri sesuai dengan perkembangan yang ada, sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode role playing yang membuat siswa terlibat di dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 17 Kayu Aro Kecamatan Bungus Kota Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode role playing yang terdiri dari 3 langkah yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutup. Hasil penelitian yang diperoleh setelah menggunakan metode role playing yaitu penilaian perencanaan siklus I 73, meningkat disiklus II yaitu 88. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru 69 dan aspek siswa 66, pada siklus II aspek guru 87 dan aspek siswa 85. Selanjutnya hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I aspek kognitif 68, afektif 61, dan psykomotor 73 dengan hasil rata-rata 64 , sedangkan siklus II aspek kognitif 80, afektif 77, dan psykomotor 91 dengan hasil rata-rata 78. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pada penelitian pembelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 17 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:39 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16100 |