Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batusangkar Tahun Pelajaran 2011/2012

Asrianti, Desi (2012) Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batusangkar Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DESI_ASRIANTI_86182_425_2012.pdf] Text
B1_2_DESI_ASRIANTI_86182_425_2012.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar menunjukkan
bahwa motivasi belajar matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga hasil
belajar mereka belum sesuai harapan. Pembelajaran yang masih didominasi guru,
dan kurangnya keterlibatan siswa, menyebabkan mereka kurang termotivasi untuk
belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan pembelajaran dengan
model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan antara hasil belajar matematika siswa
yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT dengan
pembelajaran konvensional, (2) perbedaan antara hasil belajar matematika
kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan kelompok siswa yang
memiliki motivasi rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dengan
motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan
factorial design 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Batusangkar pada tahun pelajaran 2011/2012. Tekhnik pengambilan
sampel yang digunakan adalah random sampling. Terpilih menjadi sampel adalah
VIII5 sebagai kelas eksperimen dan VIII4 sebagai kelas kontrol. Data pada
penelitian ini dikumpulkan melalui angket motivasi dan tes hasil belajar. Data
yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA dua arah yang dilanjutkan dengan uji
Tukey.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar
matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe
NHT lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar matematika
kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik daripada kelompok
siswa yang memiliki motivasi rendah, dan (3) terdapat interaksi antara model
pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar
matematika siswa. Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi rendah
dengan menggunakan model NHT lebih baik daripada hasil belajar matematika
siswa yang memiliki motivasi rendah dengan pembelajaran konvensional.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa model NHT cocok diterapkan untuk
meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together (NHT)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:39
Last Modified: 22 Jul 2025 03:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16099

Actions (login required)

View Item
View Item