Jasilla, Lola (2016) Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di Kelas IV SDN 12 VII Koto Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LOLA_JASDILLA_07487_515_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_LOLA_JASDILLA_07487_515_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LOLA_JASDILLA_07487_515_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa rendahnya hasil belajar matematika siswa, yang disebabkan oleh penggunaan metode yang kurang tepat dan guru belum mengkaitkan materi pembelajaran dengan dunia nyata siswa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) pada siswa kelas IV SDN 12 VII Koto Padang Pariaman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuntitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan jumlah pertemuan empat kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi penilaian perencanaan (RPP) pada siklus I diperoleh rata-rata 71,42% Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 89,28%. Aspek kegiatan guru siklus I diperoleh rata-rata 74,99%. Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 89,09%. Dari aspek kegiatan siswa siklus I diperoleh rata-rata 68,74%. Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 82,81% dan 84,4%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 71,50. Pada siklus II sebesar 82,53. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), KPK dan FPB, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16094 |