Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Picture and Picture Pada Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 56 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung

Steiffanny, Rizcha Putri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Picture and Picture Pada Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 56 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIZCAH_PUTRI_STEIFFANNY_93571_2115_2012.pdf] Text
final_B1_6_RIZCAH_PUTRI_STEIFFANNY_93571_2115_2012.pdf

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang diberikan guru kurang diminati oleh siswa, karena pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga siswa menjadi bosan, dan tidak serius dalam mengikuti pelajaran IPS sehinggan nilai menjadi rendah. Oleh sebab itu peneliti ingin memperbaiki pembelajaran dalam penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran IPS dan hasil belajar siswa di kelas v SD Negeri 56 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan evaluasi. Dalam menggunakan model pembelajaran Koopertaif Picture and Picture siswa ditempatkan pada kelompok belajar yang beranggotan 5 sampai 6 orang siswa yang merupakan campuran dari kemampuan akademik yang berbeda sehingga dalam setiap kelompok terdapat siswa yang berprestasi tinggi, sedang, san rendah. Adapun langkah-langkah Picture and Picture adalah: guru menyampaiakan KD yanga kan dicapai, menyajikan materi sebagai pengantar, memperlihatkan gambar-gambar, mengurutkan gambar-gambar, dasar pemikiran urutan gambar, menanamkan konsep materi, kesimpulan atau rangkuman. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Koopertaif Picture and Picture proses pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 56 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung dapat dilihat pada persentase ketuntasan siswa aspek Kognitif siklus I 69% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 86%, aspek Afektif siklus I 67,88% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 85%, dan aspek psikomotor pada siklus I 66,30% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 86%. Sehingga diperoleh rekapitulasi nilai pada siklus I 67,72, sedangkan pada siklus II 85,66 Dengan demikian model pembelajaran Kooperatif Picture and Picture dapat digunakan pada siswa kelas V SD Negeri 56 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Kooperatif Picture and Picture, Pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:37
Last Modified: 22 Jul 2025 03:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item
View Item