Yuhelfi, Yuhelfi (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Strategi Mind Mapping pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Sungai Aur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUHELFI_58351_5339_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUHELFI_58351_5339_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUHELFI_58351_5339_2013.pdf
Download (319kB)
Abstract
Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa masih rendah, siswa belum mampu menggunakan kalimat dengan runtut, ide yang digunakan masih sempit dan paragraf yang dibuat kurang padu. Penyebabnya adalah guru kurang menerapkan langkah-langkah dalam menulis. Permasalahan yang dapat diteliti adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan strategi mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri 10 Sungai Aur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan strategi mind mapping di kelas V SD Negeri 10 Sungai Aur pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 10 Sungai Aur. Penelitian ini terdiri dari dua siklus . Prosedur penelitian terdiri dari :Studi pendahuluan /refleksi awal, perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik dikumpulkan dengan menggunakan teknik pencatatan lapangan, observasi atau pengamatan, dan evaluasi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini siswa memperoleh nilai yaitu; siklus I Pada pra penulisan nilai rata-rata 74,43, pada tahap saat penulisa diperoleh nilai rata-rata 71,59, dan pada tahap pasca penulisan diperoleh nilai rata-rata 69,70. Hasil penilitian pada siklus II mengalami peningkatan pada setiap tahapan. Pada tahap pra penulisan diperoleh nilai rata-rata 79,36, pada tahap saat penulisan diperoleh nilai rata-rata 82,18, dan pada tahap pasca penulisan diperoleh nilai 79,55.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis Deskripsi, Strategi Mind Mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:35 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16089 |