Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Pendekatan Saintifik pada Tema Peristiwa Alam sub Tema Cuaca di Kelas I SDN 19 Cubadak Air Utara Kota Pariaman

Yanti, Liza Rahma (2015) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Pendekatan Saintifik pada Tema Peristiwa Alam sub Tema Cuaca di Kelas I SDN 19 Cubadak Air Utara Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_LIZA_RAHMAYANTI_57175_5617_2015.pdf] Text
final_B1_6_LIZA_RAHMAYANTI_57175_5617_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya proses pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan oleh guru. Hal ini disebabkan oleh (1)guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati gambar dan mengungkapkan gagasan mengenai gambar tersebut, (2) guru kurang merangsang siswa untuk bertanya, (3) guru kurang memotivasi siswa untuk menalar, (4) guru kurang melatih siswa untuk melakukan suatu percobaan,(5) guru kurangmelatih siswamengkomunikasikanpengetahuan yang dimilikinya, (6) guru kurang membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik dan (7) guru kurang memusatkan pembelajaran pada siswa. Adapuntujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan Saintifik dikelas ISDN 19 Cubadak Air Utara Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam II siklusyaitu siklus I pertemuan I, siklus I pertemuan II, dan siklus II. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas I yang berjumlah 10 orang, yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan. Hasil penelitian yang dilaksanakan telah menunjukkan adanya peningkatan pada masing-masing aspek: (1) RPP siklus I persentase keberhasilan dari83,2% dengan kualifikasi baik, meningkat menjadi 88,8% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, (2) aktivitas guru siklus I persentase 70,2% dengan kualifikasi baik menjadi 100% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II,(3) aktifitas siswa siklus I persentase 67,1% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 100% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapatdisimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Saintifikdapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN 19Cubadak Air Utara Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:27
Last Modified: 22 Jul 2025 07:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16085

Actions (login required)

View Item
View Item