Rizalni, Rizalni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIZALNI_10492_1567_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIZALNI_10492_1567_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIZALNI_10492_1567_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar (SD) masih rendah. Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan di kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan bahwa dari 38 siswa, 14 atau 36.84% yang mendapatkan nilai sama dengan atau lebih besar dari nilai yang ditetapkan sekolah, sedangkan 24 atau 63.16% masih dibawah nilai yang ditetapkan sekolah yaitu sebesar 65. Rata-rata nilai hasil belajar dari 38 orang siswa sebesar 55. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, dan dokumentasi. Subjek peneliti adalah guru sekaligus peneliti dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai pada siklus I pada penilaian afektif rata-rata 76,35 % sedangkan pada siklus II rata-rata 83,25%. Pada penilaian psikomotor siklus I rata-rata 75,65% sedangkan pada siklus II rata-rata 86,22%. Penilaian kognitif pada siklus I rata-rata 68,5 dan pada siklus II rata-rata 87. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Metode Inkuiri, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16083 |